Dapatkan Informasi Pendaftaran ONLINE Siswa Baru SMKN 1 XIII Koto Kampar Tahun 2019 di link berikut
PENDAFTARAN ONLINE

SMK Negeri 1 XIII Koto Kampar Terus Berinovasi dengan Mengadakan Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis IT




(Koto Tuo, 11 Oktober 2018) SMK Negeri 1 XIII Koto Kampar terus berinovasi dengan mengadakan pelatihan pembuatan media pembelajaran berbasis IT. Pelatihan ini dilaksanakan langsung di SMK Negeri 1 XIII Koto Kampar. Kegiatan ini dihadiri langsung oleh pengurus Ikatan Guru Indonesia (IGI) wilayah Riau Bapak Tri Goesema Putra, M.Pd yang juga menjabat sebagai kepala sekolah SMK Negeri 1 XIII Koto Kampar yang dalam acara ini adalah sebagai instruktur pelatihan. Kemudian kegiatan pelatihan ini juga dihadiri oleh para guru SMK Negeri 1 XIII Koto Kampar, beberapa guru SMA Negeri 1 XIII Koto Kampar dan SMP Negeri Koto Kampar Hulu. Kegiatan pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan  kemampuan para guru dalam membuat media materi pembelajaran.

Sangat banyak ilmu baru yang didapat dari pelatihan ini. Dalam pelatihan ini para peserta yang hadir dibekali pengetahuan tentang bagaimana cara membuat kegiatan belajar-mengajar lebih menarik melalui media seperti vidio pembelajaran. Seperti dikatakan insruktur pelatihan Bapak Tri Goesema Putra jebolan TOT Literasi Surabaya bahwa seorang siswa itu menilai para gurunya terkadang melalui kemampuan para guru dalam membuat kegiatan belajar-mengajar yang semenarik mungkin. Media pembelajaran melalui vidio pembelajaran adalah salah satu cara yang cukup efektif dalam menarik dan meningkatkan rasa ingin belajar seorang siswa. Belajar melalui vidio pembelajaran bukan hanya membuat kegiatan belajar-mengajar menjadi lebih menarik, tapi juga dapat membuat para siswa menjadi lebih melek akan perkembangan teknologi. 

Pada pelatihan ini para peserta diajarkan untuk membuat media pembelajaran melalui beberapa software seperti Vidioscribe, Screen O Matic, Focusky dan beberapa software lainnya. 

Pada pelatihan jilid pertama para peserta difokuskan untuk membuat media pembelajaran melalui software Screen O Matic yang terbilang mudah untuk dipahami dan alhamdulillah semua peserta sudah bisa membuat media pembelajaran melalui software Screen O Matic. Untuk jilid kedua rencananya  para peserta akan diajarkan bagaimana membuat vidio pembelajaran melalui software yang lebih rumit dari sebelumnya seperti software Fokusky dan Vidioscribe yang memerlukan kreatifitas dari para peserta karena software ini menuntut para penggunanya untuk berkreatifitas. 

Pada kegiatan pelatihan ini instruktur juga menjelaskan tentang Ikatan Guru Indonesia (IGI) yang mempunyai banyak program menarik seperti Satu Guru Satu Vidio (Sagusavid), Satu Guru Satu Robot (Sagusabot) dan banyak program lainnya di IGI. Kegiatan ini juga merupakan salah satu kegiatan IGI dalam meningkatkan kemampuan para guru di Indonesia.

Kegiatan pelatihan ini berlangsung dengan santai dan diikuti dengan antusias oleh semua peserta pelatihan.

Berikut dokumentasi kegiatan pelatihan ini.




















Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel