Dapatkan Informasi Pendaftaran ONLINE Siswa Baru SMKN 1 XIII Koto Kampar Tahun 2019 di link berikut
PENDAFTARAN ONLINE

'Mencontoh Satu Sifat Si Pencontek' (Jangan Terpancing)


(www.smkn1-xiiikk.sch.id) Mencontek adalah hal yang sangat jelek jika kategorinya ada dua: Kategori sangat bagus dan kategori sangat jelek. Semua orang setuju itu. Tidak ada bantahan. Namun sering kali kita tak tau bahwa ada satu hal yang harus kita contoh ke si Pencontek tadi. Memang dari 100 ada 99 yang tak bisa di contoh dan ada 1 yang bisa di contoh yaitu sifat dan diri si Pencontek dalam menyikapi keadaan. Pernahkah kamu Mencontek ketika dengan pengawas killer dan pengawas biasa saja? Bedakan? Nah pasti kamu akan memperlakukan kegiatan Mencontek mu dengan perlakuan yang berbeda dengan saat dengan pengawas killer dan pengawas biasa saja. Nah, sifat menyikapi dan memilah setiap tindakan dan apa yang harus dikerjakan ini lah yang harus kita contoh dari si Pencontek.

Sebenarnya masih banyak analogi jika kita berbicara tentang sikap pandai menyikapi ini. Namun mengapa penulis lebih memilih untuk meng-analogi-kan siswa Pencontek? Agar lebih menarik karena pada dasarnya apa yang manusia ingin lihat adalah apa yang menarik oleh mata dan sejalan dengan pemikiran sehingga alat penglihatan dan perasan kita terintruksikan untuk membaca sesuatu seperti yang kamu lakukan saat ini yaitu membaca tentang sikap si Pencontek.

Tapi mulai sekarang kita hilangkan kebiasaan mencontek dan bersikaplah lebih jujur. Karena jujur akan lebih banyak manfaatnya. Mungkin bisa jadi karena kamu jujur walaupun nilai ujian kamu rendah guru nya bisa memberi nilai tinggi karena setiap guru itu beda juga penilaiannya. 

Jujur adalah sifat yang harus kita tanam dan serahkan kepada Allah yang maha kuasa atas hasilnya. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel