-->

Begini Cara Eject Flashdisk di PC/Laptop Dengan Aman

flashdisk tidak bisa eject
Dok. Pribadi
 Begini Cara Eject Flashdisk di PC/Laptop Dengan Aman- Banyak sekali aturan tidak baku dalam menggunakan PC/Laptop dalam keseharian kita. Dan aturan-aturan ini kadang sudah menjadi hal yang wajib dilakukan saat menggunakan PC/Laptop. 

Contoh kecilnya adalah Kita harus me-refresh PC/Laptopsaat pertama menghidupkan. Tapi itu jarang juga Gen XYZ lakukan. Karena Gen XYZ tidak pernah membaca aturan itu memang benar-benar wajib dilakukan.

 Namun menariknya me-refresh seperti itu sudah menjadi budaya yang sudah terun-temurun. Gen XYZ juga yakin kalau kamu pembaca tulisan ini juga melakukan hal itu.

 
Sesuai judul postingan,  begini cara eject flasdisk di PC/Laptop dengan benar. Namun sebelum itu menurut Gen XYZ kita tidak selamanya harus meng-eject perangkat flashdisk kita.

 Karena ada beberapa ketentuan wajib yang mengharuskan kita untuk wajib eject, yaitu ketika file dalam flashdisk sedang dibuka oleh aplikasi lain.

Contoh, kita sedang membuka file Office Word di dalam flashdisk. Nah, ketika file Office Word-nya masih terbuka disini kita memang wajib untuk tidak malakukan eject dan menutup file yang sedang dibuka tadi.

ketika kita melakukan eject ketika file dalam flashdisk tadi sedang digunakan, maka file yang sedang dibuka tadi bisa jadi rusak atau corrupt.

Dan untuk kasus paling parahnya adalah perangkat flashdisk kita harus diformat ulang setelah itu.

Berikut Cara Eject Flashdisk PC/Laptop dengan benar.

1.       Pastikan kamu sudah menutup semua aplikasi yang sedang membuka file didalam flashdisk tadi.

2.       Kalau sudah dipastikan menutup semua aplikasi yang sedang membuka file didalam flashdisk tadi, pergi ke Windows Explorer dengan cara tekan tombol Windows+E.

3.       Setelah terbuka jendela Explorer-nya, klik kanan pada bagian nama perangkat flashdisk kamu, kemudian pilih Eject.
Eject FD

4.       Disini perhatikan jendela peringatan yang muncul. Jika yang ditampilkan adalah jendela peringatan bahwa file didalam flashdisk tadi sedang digunakan, maka pastikan lagi bahwa tidak ada satupun file dalam flashdisk yang terbuka. 

Jika sudah dipastikan dan jendela itu masih muncul, maka dipastikan perangkat flashdisk kamu terinfeksi virus. Kalau jendela peringatan itu muncul akibat terinfeksi virus, maka dianjurkan untuk tidak melakukan eject. 

Langsung cabut saja flashdisk-nya, tetapi pastikan dulu jendela peringatan tadi sudah kamu tutup. Jika eject nya sukses dan aman maka akan muncul jendela pemberitahuan bahwa flashdisk kamu aman untuk dicabut seperti di gambar dibawah ini.


Itulah sedikit tentang cara eject flashdisk di PC/Laptop dengan benar. Semoga bermanfaat dan selalu tunggu update artikel di situs ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel