Dapatkan Informasi Pendaftaran ONLINE Siswa Baru SMKN 1 XIII Koto Kampar Tahun 2019 di link berikut
PENDAFTARAN ONLINE

Ujian Semester Berbasis Smartphone Android, SMKN 1 XIII KOTO KAMPAR Terus Tunjukkan Progres Yang Baik Untuk Menjadi Sekolah Maju



(www.smkn1-xiiikk.sch.id) Setelah ujian dua hari sebelumnya SMKN 1 XIII KOTO KAMPAR menggunakan PC/Laptop atau yang dikenal dengan Ujian Semester Berbasis Komputer (USBK), tidak mau menunggu dan berlama-lama SMKN 1 XIII KOTO KAMPAR langsung menggunakan Smartphone dalam ujiannya atau dikenal dengan Ujian Semester Berbasis Smartphone (USBS) yang dalam ujian ini semua peserta ujian menggunakan Android sebagai perangkat ujiannya. 


Memanfaatkan koneksi antara Database server ujian yang menggunakan Xammp dengan koneksi jaringan wireless, Ujian yang berlangsung tadi (15/05/2019) berjalan dengan lancar dan disambut dengan gembira oleh para siswa ujian. 


Ujian Semester Berbasis Smartphone (USBS) ini adalah salah satu bentuk kerja nyata dari tujuan dibuatnya visi sekolah SMKN 1 XIII KOTO KAMPAR yang berbunyi "Menjadikan sekolah maju yang terkomputerisasi semua pelayanannya". 


Kepala sekolah, wakil kepala sekolah, para guru di SMKN 1 XIII KOTO KAMPAR tidak ingin cetakan spanduk teks visi dan misi sekolah hanya menjadi pajangan di kantor guru tanpa ada pembuktian atas visi tersebut. 


Salah satu pembuktiannya adalah ujian semester yang menggabungkan Laptop dan Smartphone sebagai media ujian. 


Karena tidak semua siswa yang mempunyai Android, maka pihak sekolah menyediakan laptop sebanyak jumlah peserta ujian yang tidak memiliki Android. 


Jadi ada dua versi ujian di SMKN 1 XIII KOTO KAMPAR. 


Ujian menggunakan Smartphone dan Ujian menggunakan PC/Laptop. 


Pengawas ujian tidak perlu khawatir akan kecurangan saat ujian. 


USBS ini offline dan semua Android peserta ujian tersambung ke satu buah koneksi wifi sekolah yang tidak disambungkan ke Internet. 


Jadi siswa tidak akan bisa searching di Google contohnya. 


Selain soal yang acak, opsi ABCD juga acak antar satu siswa dan siswa lainnya. 


Jadi selain menghemat biaya ujian, USBS dan USBK ini menjadikan siswa lebih jujur dan menghasilkan nilai ujian yang murni dan transparan karena setelah ujian siswa langsung bisa melihat hasil nilai di menu akun masing-masing siswa ujian. 


Kepala sekolah Tri Goesema Putra berterima kasih kepada seluruh pihak yang ikut andil dalam memajukan sekolah. Kepada guru-guru, pengawas ujian, proktor dan teknisi ujian dan kepada siswa yang sangat antusias serta semangat mengikuti USBS dan USBK yang pertama kali diadakan di SMKN 1 XIII KOTO KAMPAR. 


Kemudian Tri Goesema Putra juga berterima kasih kepada Pihak SMK YPTN Bangkinang atas software ujiannya, khususnya Pak Andre guru TKJ SMK YPTN Bangkinang. 


Untuk planning semester berikutnya, bagi peserta ujian yang dapat hadir disekolah saat ujian berlangsung akan tetap ujian offline dan bagi peserta ujian yang sakit dan tidak dapat hadir untuk ujian di sekolah akan tetap bisa ujian melalui ujian online dengan mekanisme yang sama dengan ujian offline di sekolah











Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel