-->

Kenapa Lulusan TKJ SMK Banyak Jadi Operator Warnet?

Gambar Jurusan TKJ


Kenapa Lulusan TKJ SMK Banyak Jadi Operator Warnet?- TKJ adalah singkatan dari Teknik Komputer dan Jaringan. Jurusan TKJ adalah salah satu jurusan paling populer dan sangat banyak peminatnya di setiap jenjang pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). 
Terbukti dari yang saya amati jurusan TKJ adalah jurusan yang hampir seluruh SMK di Indonesia memiliki jurusan ini. 

Saya survei SMK di Indonesia ini dengan metode mengunjungi langsung dan melalui kunjungan di situs resmi SMK-nya, saya mendapati jurusan TKJ ada disetiap SMK.

Ada beberapa alasan yang masuk akal kenapa jurusan TKJ ini banyak peminatnya.

1. Ikut-ikutan

Tidak bisa dipungkiri orang Indonesia adalah orang yang suka ikut-ikutan. Banyak murid saya yang pindahan dan ketika saya tanya apa jurusan di sekolah lamanya, dia menjawab TKJ.

Lalu saya tanya apa saja materi atau skill yang sudah dia dapat di TKJ sekolah lamanya, dia menjawab tidak ada.

Nah, dari sini saya bisa sedikit menyimpulkan bahwa anak ini hanya ikut-ikutan saja untuk mengambil jurusan TKJ. Kalau memang dari hatinya  untuk memilih TKJ, pasti sudah ada skill yang bisa dia pamerkan. 

2. Jurusan yang punya prospek kerja yang tinggi

Banyak yang berpikiran seperti ini. Saya setuju saja. Karena TKJ adalah berhubungan dengan teknologi dan untuk saat ini hingga kedepannya TKJ akan banyak dibutuhkan oleh dunia usaha yang berhubungan langsung dengan teknologi.

Di TKJ para pelajarnya akan diajari tentang jaringan, kemampuan dasar komputer dan tingkat lanjutnya, keamanan komputer dan masih banyak lagi.

3. Tidak tau seluk-beluk TKJ tapi pilih TKJ juga

Nah, ini yang agak berbahaya. Berhubungan dengan poin pertama diatas, poin ketiga ini lebih sedikit berbahaya.

Poin pertama bisa jadi dia sudah tau sedikit banyak tentang TKJ walaupun tidak mendalam, namun di poin ketiga ini bisa jadi dia tidak tau seperti apa sebenarnya TKJ itu. Sangat keras.

Materi yang diajarkan tidak mudah. Memang sama seperti pelajaran lain, ada kalanya materinya sulit dan adakalanya materinya mudah. 

Tapi secara keseluruhan, TKJ adalah jurusan yang sulit bagi yang hatinya setengah-setengah dalam memilih TKJ.

Di TKJ akan diasah tentang hapalan dan praktek. Hapalan tentang kode-kode program dan praktek langsung setiap apa yang dipelajari.

Bagi siswa TKJ layar hitam berisi text adalah hal yang biasa walaupun tampilannya monoton. Jika kamu adalah siswa TKJ mungkin kamu sudah senyum-senyum kecil ketika mendengar layar hitam berisi text ini atau dipanggil dengan Command Prompt :D


Jika kamu memang betul-betul berminat untuk menggali lebih dalam dunia TKJ, setelah kamu lulus di TKJ SMK kamu bisa melanjutkan jurusan yang berhubungan dengan TKJ seperti Teknik Informatika, Ilmu Komputer dan Sistem Informasi.

Untuk prospek kerja, TKJ memiliki ladang pekerjaan yang sangat luas. 

Karena TKJ adalah berhubungan dengan teknologi, dan semua hal saat ini berhubungan dengan teknologi. Maka apapun pekerjaannya hampir semuanya ada hubungannya dengan TKJ.

Di TKJ kamu diajarkan servis PC/Laptop. Diajarkan tentang internet seperti buat situs. Diajarkan tentang keamanan jaringan. Diajarkan tentang dunia komputer.

Maka bisa dikatakan kamu lulusan TKJ sangat dibutuhkan oleh dunia ini.

Tapi banyak juga sih orang menganggap remeh jurusan TKJ ini. Ada orang yang beranggapan kerja lulusan TKJ paling banyak jadi operator warnet. Tidak salah juga sih.

Tapi itu semua tergantung kamu juga kemana kamu arahkan ilmu dan skill yang telah kamu dapat selama di SMK.


Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel