-->

Macam-macam dan kelas IP Address dalam jaringan komputer

Macam-macam dan kelas IP Address dalam jaringan komputer- Sebelumnya bagi yang tidak tau apa itu IP Address silahkan baca di postingan Apa itu IP Address?

IP Address mempunyai beberapa kelas. Setiap kelas digunakan sesuai dengan kebutuhan jaringan dan sesuai dengan kondisi jaringan yang akan dikonfigurasikan.

Misalnya sebuah administrator jaringan ingin membuat jaringan yang bisa menyambungkan 100 orang siswa yang akan melakukan ujian di sebuah sekolah.

Nah, disini administrator jaringan itu harus mengerti kelas-kelas IP dan macam-macam IP. Karena setiap IP digunakan untuk keperluan yang berbeda.

Ada yang mengharuskan jaringan tersebut untuk terkoneksikan dengan internet dan ada yang tidak boleh terkoneksikan ke internet.

Berikut kita bahas kelas-kelas IP dan macam-macam IP Address.

Dalam IP Address itu ada beberapa istilah yang biasa digunakan. Perhatikan istilah berikut ini.

Network ID

 Network ID adalah nomor sebuah jaringan. Setiap kelas IP memiliki jumlah total Network ID (NET ID) yang berbeda. Contohnya IP 127.255.255.255, maka artinya jaringan tersebut adalah jaringan nomor 127.

Host ID

Host ID adalah nomor klien dalam sebuah jaringan. Contoh 192.168.1.1, maka artinya klien tersebut adalah nomor 1 dari jaringan dengan nomor 192.168.1.

Oktet/Oktaf

Oktaf dalam IP adalah gabungan jumlah bilangan yang berjumlah 8 bilangan. Ini digunakan untuk menghitung jumlah bit dalam Biner.

Contohnya, IP 192.168.0.1 berjumlah 4 oktaf.
Lalu timbul pertanyaan. Kan 1 Oktaf itu terdiri dari 8 jumlah (8bit) bilangan. Tapi kenapa angka 192 itu 1 oktaf? 0 juga 1 oktaf? Dan 1 juga 1 oktaf? Padahal 192 itu terdiri dari 3 bilangan saja, 168 juga tiga bilangan, 0 itu satu bilangan saja dan 1 juga satu buah bilangan juga.

Nah, sebenarnya saat kita menulis atau meng-input angka 192.168 saat konfigurasi IP itu yang diolah oleh sistem PC adalah angka biner dari 192.168 yaitu 11000000.10101000

Jadi PC mengolah bilangan binernya dan bukan bilangan aslinya (desimal).
Perhatikan angka 1 dan 0 diatas! satu oktaf itu terdiri dari 8bit (8 bilangan ). Dan lihat setiap oktaf itu dipisah oleh tanda titik (.).

Mari kita mulai membahas Kelas-kelas IP Address dan Macam-macam IP Address.

Kelas-kelas IP Address

Kelas A

IP Address kelas A digunakan ketika dalam sebuah jaringan itu harus bisa menampung banyak klien. Contohnya jaringan global seperti Wide Area Network (WAN). 

IP kelas A mempunyai total 126 Network ID, Sekitar 16 Jt Host ID. 
Perhatikan Range IP kelas A di gambar atas. 0-127 itu artinya kamu bisa menggunakan angka 0,1,2,3,4,5,6,7 sampai angka 127 dalam penggunaanya. Pilih 1 saja sesuai kebutuhan. Dan 0-255 juga begitu, pilih 1 angka dari range angka 0-255.

Untuk diketahui IP kelas A angka 127 pada range 0-127 nya tidak bisa digunakan karena mekanisme IPC, baca di https://id.wikipedia.org/wiki/Komunikasi_antar_proses.


Kelas B

IP Address kelas B digunakan ketika cakupan jaringannya luas atau sedang. 

IP Kelas B mempunyai lebih dari 16 rb Net ID/Jaringan, lebih 65 rb Host komputer.
Kelas C

IP Address kelas C adalah IP yang digunakan untuk jaringan dengan cakupan yang kecil seperti gedung kantor, sekolah atau lainnya.

IP Address kelas C mempunyai total lebih 2 jt Net ID dan 256 Host ID.
Ada lagi kelas IP yang D dan E. Tapi 2 kelas ini jarang digunakan orang. 



Macam-macam IP Address

Ada beberapa macam IP address jika dilihat dari akses internetnya.

IP Address jenis Public

IP jenis Publik adalah IP Address yang digunakan untuk jaringan global seperti internet sehingga setiap IP bisa langsung diakses melalui internet. Tapi karena bisa langsung diakses melalui internet, IP jenis publik ini harus mempunyai pengamanan ekstra agar tidak terkena serangan virus, malware ataupun hacker.

Sebuah organisasi harus mendaftar di ISP (Internet Service Provider) jika ingin memiliki IP Address jenis publik karena jika diterbitkan secara sendiri-sendiri, maka akan terjadi banyak bentrok IP didalam sebuah jaringan. 

IP Address jenis Private

IP Address jenis Private hanya digunakan pada jaringan LAN. Dikatakan private karena hanya bisa diakses melalui jaringan local saja. Jika kita mengakses IP Private ini melalui internet secara langsung, maka tidak akan bisa terkecuali melalui sebuah perangkat NAT.

Perhatikan gambar dibawah untuk mengetahui IP Private dari setiap kelas IP.

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel