Dapatkan Informasi Pendaftaran ONLINE Siswa Baru SMKN 1 XIII Koto Kampar Tahun 2019 di link berikut
PENDAFTARAN ONLINE

Profil Sekolah


SEJARAH BERDIRINYA SMK NEGERI 1 XIII KOTO KAMPAR

          SMK Negeri 1 XIII Koto Kampar adalah sekolah kejuruan yang berada di Jalan Candi Muara Takus, XIII Koto Kampar. SMK Negeri 1 XIII koto Kampar berdiri tahun 2008. SMK Negeri 1 XIII Koto Kampar berdiri diatas tanah seluas 40.000 m2.
         Pada awal berdirinya SMK Negeri 1 XIII Koto Kampar hanya terdapat satu jurusan saja yaitu Agrobisnis Perikanan (AP). Jurusan ini tujuannya adalah untuk membantu mewujudkan masalah potensi habisnya mata pencaharian masyarakat sekitar karena mata pencaharian masyarakat sekitar adalah bertani seperti berkebun karet dan sawit. Karena kebun karet dan sawit tidak bertahan lama dan tidak bisa menjamin selamanya makanya hadir lah solusi didirikan SMK Negeri 1 XIII Koto Kampar di daerah masyarakat yang hampir semua nya bermata pencaharian bertani. Jadi SMK Negeri 1 XIII Koto Kampar adalah solusi mengatasi segala potensi habisnya mata pencaharian yang ada dengan adanya jurusan Agrobisnis Perikanan. Terbukti dengan adanya jurusan ini alhamdulillah beberapa alumni AP SMK Negeri 1 XIII Koto Kampar bisa langsung membuka usaha setelah lulus dari SMK Negeri 1 XIII Koto Kampar sesuai dengan motto SMK Negeri 1 XIII Koto Kampar Siap kerja, terampil, terpakai, bertaqwa dan menguasai IT. Karena di jurusan AP tidak hanya diajarkan bagaimana cara mengolah perikanan tapi juga diajarkan bagaimana cara mengolah hasil perikanan sampai dipasarkannya hasil perikanan tersebut. 
      Setelah beberapa tahun berdirinya SMK Negeri 1 XIII Koto Kampar, ditambahlah jurusan baru yaitu Pembibitan dan Kultur Jaringan (PKJ) yang saat ini namanya berganti menjadi Agribisnis Tanaman Pangan dan Holtikultura (ATPH). Sama seperti jurusan AP, jurusan ini juga bertujuan menghadirkan solusi potensi habisnya mata pencaharian masyarakat sekitar. 
         Kemudian pada tahun 2014 ditambahlah jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ). Jurusan ini hadir karena zaman sekarang adalah zaman teknologi. Hampir semua bidang pekerjaan pasti membutuhkan yang namanya teknologi. Jurusan ini diharapkan bisa bergandengan dengan jurusan AP dan ATPH. Karena jurusan AP dan ATPH adalah jurusan yang bermaterikan tentang pengolahan tumbuhan dan ikan serta bagaimana cara pemasaran hasilnya. Pemasaran hasil pengolahan tumbuhan dan ikan melalui internet adalah salah satu cara yang paling efektif dan efisien. Di jurusan TKJ diajarkan segala hal tentang teknologi seperti ilmu jaringan serta pembuatan website. Jadi semua jurusan bisa saling terintegrasi satu sama lain. Setelah lulus dari SMK Negeri 1 XIII Koto Kampar para alumni AP, ATPH dan TKJ bisa saling bekerja sama. Jika alumni AP dan ATPH telah mengolah hasil tumbuhan dan ikannya, makanya jurusan TKJ bisa menjadi bagian promosi dan pemasaran hasil pengolahannya melalui sebuah website.
        Rencana kedepannya akan ada jurusan baru yaitu Teknik Kendaraan Ringan (TKR) atau terkenal dengan nama jurusan Otomotif. Insya Allah jurusan ini bisa hadir secepatnya.



PROFIL SEKOLAH



  





VISI DAN MISI

Visi 
        Menjadikan SMK Negeri 1 XIII Koto Kampar sebagai lembaga diklat  yang menyiapkan tenaga kerja terampil, siap kerja, mandiri, kreatif, menguasai IPTEK dan memiliki IMTAQ serta berbudaya di era globalisasi.
Misi
1. Menumbuhkan semangat belajar yang efektif.
2. Menghasilkan tamatan yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
3. Menyiapkan calon tenaga kerja yang produktif dengan etos kerja yang tinggi.
4. Mengembangkan kurikulum secara fleksibel yang berstandar nasional.
5. Menjalin hubungan kerja sama dengan dunia usaha dan dunia industri.
6. Memberikan pelayanan yang terbaik.




TUJUAN

1. Terselenggaranya kegiatan belajar mengajar teori dan praktik secara baik.
2. Terciptanya manajemen sekolah yang mampu memberikan  pelayanan terbaik.
3. Memiliki kommpetensi keahlian yang sesuai dengan standar minimal.
4. Tersusunnya Kurikulum 2013 (K13).
5.Terjadinya hubungan timbal-balik antar dunia usaha dan dunia industri dan instansi terkait               masyarakat dan sekolah.
6. Melahirrkan tamatan yang memiliki jiwa kewirausahaan.


MOTTO

TAQWA
TERUJI
TERAMPIL
TERPAKAI