Dapatkan Informasi Pendaftaran ONLINE Siswa Baru SMKN 1 XIII Koto Kampar Tahun 2019 di link berikut
PENDAFTARAN ONLINE

Program Keahlian



Hingga saat ini SMK Negeri 1 XIII Koto Kampar memiliki 3 buah jurusan yaitu Agrobisnis Perikanan, Agribisnis Tumbuhan Pangan dan Holtikultura, dan Teknik Komputer dan Jaringan.



AGROBISNIS PERIKANAN (AP)


 Agrobisnis Perikanan adalah jurusan paling tua di SMK Negeri 1 XIII Koto Kampar. Jurusan AP di SMK Negeri 1 XIII KotoKampar sudah terakreditasi B.

 Agrobisnis Perikanan (AP) adalah jurusan yang mempelajari bagaimana cara mengelola bisnis perikanan baik ikan laut maupun ikan tawar. Jurusan AP ini juga ditujukan untuk membuat lulusannya bisa menjadi penggerak ekonomi masyarakat sekitar. Lulusan jurusan AP akan memiliki jiwa entrepreneurship agar bisa mandiri diantara banyaknya persaingan di komoditas perikanan.

Jurusan AP dewasa ini sebenarnya adalah disiplin ilmu yang menarik untuk dipelajari. Tapi masih banyak pemikiran di masyarakat bahwa lulusan AP akan jadi nelayan. Pemikiran seperti itu adalah karena ketidakmauan masyarakat untuk melihat dan memahami secara betul apa sebenarnya yang ada di jurusan AP ini. Lulusan AP akan dibekali skill dan teknik untuk mengelola hasil perikanan menjadi sebuah bisnis. Jadi bukan hanya mengelola ikan seperti pembibitan tapi juga sampai ke pemasarannya.

Saat ini bidang perikanan mempunyai peranan yang besar bagi bangsa sehingga diperlukan modernisasi dalam perikanan ini dan jurusan AP di SMK Negeri 1 XIII Koto Kampar menjawab itu semua dengan fasilitas pendukung yang lengkap seperti labor perikanan dan didukung oleh pengajar yang berkualitas di bidangya.

Istimewanya jurusan AP di SMK Negeri 1 XIII Koto Kampar hampir seluruh siswa nya diberikan Beasiswa.

Salah satu kegiatan siswa di labor perikanan




AGROBISNIS TUMBUHAN PANGAN DAN HOLTIKULTURA (ATPH)




ATPH adalah salah satu bidang keahlian  di SMK Negeri  1 XIII Koto Kampar. ATPH merupakan bidang keahlian yang bergerak dalam bidang tanaman, baik tanaman pangan, Hortikultura, perkebunan, maupun tanaman hias. Jurusan ini adalah jurusan kedua yang di SMK Negeri 1 XIII Koto Kampar. 

Para siswa jurusan ATPH di SMK Negeri 1 XIII Koto Kampar dibekali skill dan disiplin ilmu pengetahuan seperti mengoperasikan alat pertanian, mengolah hasil pertanian, membudidayakan tanaman, memodifikasi tanaman serta sekaligus cara menjadikan hasil pertanian menjadi sebuah bisnis dan mengelola bisnis tersebut agar bisa menjadi sebuah sumber pendapatan. Para lulusan ATPH SMK Negeri 1 XIII Koto Kampar selain dibekali disiplin ilmunya, juga dibekali bagaimana cra untuk menjadi pebisnis yang memiliki jiwa entrepeneur dan mandiri serta mampu memcahkan setiap permasalahan yang terjadi.

Sarana dan prasarana pendukung jurusan ATPH di SMK Negeri 1 XIII Koto Kampar sudah sangat memadai. Ada labor pertanian, kebun untuk mengolah pertanian dan fasilitas lainnya.


  
    
 

TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN (TKJ)




TKJ adalah salah satu jurusan yang ada di SMK Negeri 1 XIII Koto Kampar dan sudah terakreditasi B. Para lulusan TKJ bisa diandalkan dalam semua sendi bidang pekerjaan. Setiap pekerjaan saat ini tidak lepas dari komputer.

SMK Negeri 1 XIII Koto Kampar menjawab tantangan untuk bersaing di dunia yang serba teknologi sekarang ini dengan menghadirkan jurusan TKJ ini pastinya didukung dengan fasilitas yang memadai dan dibimbing oleh para guru yang sudah ahli dan mempunyai pengalan dibidangnya.

Di SMK Negeri 1 XIII Koto Kampar para siswa dibekali disiplin ilmu tentang jaringan komputer, perakitan serta penginstalan PC dan programming. Para siswa TKJ akan diajari tentang troubleshooting dan troublesolving permasalahan yang terjadi di PC, mempelajari perkembangan sistem operasi seperti Windows dan Linux dan cara menginstalnya, pembuatan server jaringan, pembuatan website dan diajari tentang pembuatan produk-produk kreatif dalam dunia teknologi.

Tamatan TKJ SMK Negeri 1 XIII Koto Kampar mempunyai pengetahuan, sikap yang baik dan kecakapan kerja dalam dunia teknologi serta wawasan technopreneur untuk menghadapi tantangan globalisasi saat ini.

TKJ SMK Negeri 1 XIII Koto Kampar telah banyak menjalin hubungan dengan dunia usaha dan dunia industri.

Kegiatan perakitan PC